Pengembangan Bahasa | IAIN Pekalongan

Para dosen Bahasa Inggris sedang melakukan rapat koordinasi persiapan perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2016/2017.

Program Kerja

E-mail Print PDF

UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSAT BAHASA

Pusat Bahasa, yang dulunya bernama Unit Pelayanan Bahasa (UPB) merupakan UPT di lingkungan kerja STAIN Pekalongan yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan perkuliahan Bahasa Arab dan Inggris, melakukan pelayanan konsultasi Bahasa Arab dan Inggris dan menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang dapat menunjang kemampuan berbahasa Arab dan Inggris bagi civitas akademika STAIN Pekalongan.

Pada tahun 2004 Pusat Bahasa mulai “bergerak” yang ditandai dengan penyelenggaraan beberapa kegiatan yang sebelumnya kurang mendapat perhatian, seperti penyelenggaraan kuliah bahasa (sebagaimana yang diamanatkan dalam statuta STAIN Pekalongan), penyelenggaraan kursus speaking class, diskusi dwi-bahasa, kursus TOEFL bagi tenaga edukatif, workshop metodologi pengajaran bahasa Arab dan Inggris, festival dwi-bahasa bagi pelajar SLTA, pengadaan perpustakaan bahasa dan penerbitan majalah dinding berbahasa Inggris.

Pusat Bahasa mempunyai tugas untuk menyelenggarakan perkuliahan Bahasa Arab dan Inggris, menyelenggarakan konsultasi dan layanan Bahasa Arab dan Inggris serta menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan Bahasa Arab dan Inggris bagi civitas akademika STAIN Pekalongan.

Bagi mahasiswa baru yang diterima di STAIN Pekalongan tanpa mengikuti tes SPMB ( bebas tes), wajib mengikuti placement tes yang akan dilaksanakan oleh Pusat Bahasa, maka yang bersangkutan dapat langsung mengambil mata kuliah Bahasa Arab/Inggris I; namun jika mahasiswa dinyatakan tidak lulus placement test, maka yang bersangkutan harus mengikuti mata kuliah Bahasa Arab/Inggris Remediasi terlebih dahulu.

  1. Pengambilan mata kuliah Bahasa Arab/Inggris harus dilakukan secara berurutan.
  2. Standar nilai kelulusan Bahasa Arab/Inggris adalah 56 /C.
  3. Mahasiswa diharuskan untuk mengambil mata kuliah Bahasa Arab/Inggris pada setiap semester jika masih mempunyai beban mata kuliah Bahasa Arab/Inggris yang terdahulu ( belum lulus Bahasa Arab/ Inggris sebelumnya ) .
  4. Pembagian kelas Bahasa Arab/Inggris akan ditentukan pada tiap awal semester. Komposisi Kelas Bahasa Arab/Inggris akan selalu berubah tergantung pada hasil tes akhir (Ujian Akhir Semester/UAS)
  5. Mahasiswa diharapkan sudah tidak lagi mempunyai beban mata kuliah Bahasa Arab/Inggris pada semester 5. Jikasampai dengan semester 5 mahasiswa masih mempunyai beban mata kuliah Bahasa Arab/Inggris, maka kelas Bahasa Arab/Inggris yang bersangkutan akan digabungkan dengan kelas Bahasa Arab/Inggris yang mahasiswanya dari berbagai angkatan dengan tetap mempertimbangkan jumlah maksimal kapasitas kelas.
  6. ketentuan di atas berlaku bagi semua mahasiswa S-1 jurusan tarbiyah( PAI & PBA ),Syariah(As&Ekos ),Ushuludin serta mahasiswa D-3 Perbankan syari’ah. Namun untuk program D-3, kelas bahasa Arab/Inggris hanya sampai pada Bahasa Arab/Inggris II saja.
  7. Pendaftaran mata kuliah bahasa Arab/Inggris:
    • Khusus untuk mata kuliah Bahasa Arab/Inggris, mahasiswa harus mendaftar mata kuliah tersebut di Pusat bahasa pada saat jadual Pendaftaran Mata Kuliah karena mata kuliah tesebut bukan mata kuliah paket yang harus diambil.Mahasiswa tetap mencantumkan mata kuliah Bahasa Arab/Inggris dalam KRS (Kartu Rencana Studi), demikian pula dengan Mahasiswa semester atas harus mendaftar lebih dulu.
    • Sebelum memulai proses perwalian dan pendaftaran mata kuliah, mahasiswa harus melihat pembagian kelas terlebih dahulu yang akan diumumkan oleh Pusat Bahasa pada tiap awal semester.